Analisis Permasalahan Skripsi

Assalamu'alaikum wr.wb.

Beberapa sahabat mengirikan pesan di shoutbox dan bahkan ada yang sampai sms daku. Bingung pula aku, darimana mereka memperoleh id-ku bahkan sampai nomer hp. hehehehe... Ada saudari dari Medan yang bertanya tentang rencana penelitiannya. Ada pula yang menanyakan beberapa hal terkait dengan variabel dalam rencana penelitiannya.

Saya mencoba membahas secara umum apa yangmenjadi permasalahan mereka. sesungguhnya, permasalahan tersebut bermula dari ketaksepahaman antara mahasisa dan pembimbingnya. Saya pun demikian, antara satu pembimbing dan dan pembimbing yang lain kadangkala ada ketakcocokan. Namun mari kita urai beberapa masalah.

Satu pesan di shoutbox menanyakan tentang bagaimana menganalisa penelitian dengan judul hubungan antara nilai tes UN dan nilai SNM-PTN. Beliau ingin mengetahui apaka seorang siswa SMA dapat diterima di PTN atau tidak jika memperoleh nilai UN. Rencananya beliau juga ingin menggunakan uji regresi.

Hmmmm...
Mantap sekali bukan permasalahannya. Pertama kali membaca pesan itu, tersenyumlah saya. Sungguh semangat yang luar biasa. Benar-benar luar biasa. Ide yang sekreatif itu sungguh yang sangat diperlukan masyarakat kita. Bayangkan berapa juta rupiah bisa dihemat jika kita tak perlu melaksanakan tes SNM-PTN dan hanya menggunakan UN. Hehehehe...

Memang benar, tes UN dan SNM-PTN bisa diregresikan, baik linear maupun non-linear. Namun perlu diketahui, pernahkan Saudara memperoleh data nilai hasil SNM-PTN? jika jawabnya tidak, maka selesailah sudah. Penelitian saudara tak bisa dilanjutkan. Jika jawabannya pernah, pertanyaan saya selanjutnya adalah yakinkah nilai UN SMA benar-benar skor sesungguhnya? Ingat kembali rumus: St=Ss+E, St:skor tampak, Ss: Skor sesungguhnya, dan E: Error. Coba saja anda uji kenormalan dari skor UN sampe saudara, pastilah tak normal. Kenapa? karena untuk uji penelitian yng sejenis, skor yang dibutuhkan adalah skor sesungguhnya.

Rasanya terlalu lama saya mencacat seseorang. Yang penting saudara tetap semangat dalam mengerjakan tesis atau skripsi saudara.

Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

3 comments:

ngatmow said...

ra entuk pak dhe....
yakin lah sumpah...
r ilok nek jere wong kulon

he he
award neng gon ku dijukut ya bos....

wahyu wibawanto said...

butuh file ISO?download saja disini iso4manage.blogspot.com

aan said...

sukses selalu ya......

gimna kbar nih???

jrang oll sibuk banget ya.......???

pakde

sukses selalu ya.........

salam

Blog Aan

Artikel Lainnya

Link menarik milik Sahabat
----[ PEACE INDONESIA ]----

Ardhi.Net : Guru Ganteng : Kifni : Kang Abeh : Seputar Obat : Scriptcenter: Sikumb@ng : Asuindo : sampara.com : Hamidz Botanix : Hotfreez.com : Pak Guru Fisika : Guru Online

Masih dalam pengumpulan Sahabat. Untuk yang berkeinginan untuk link exchange, silahkan tinggalkan komentar atau pesan di shoutbox. Saya akan pasang link yang betul-betul bermanfaat dan tak berharap dollar. Terima kasih.