Variabel penelitian

Assalamu'alaikum wr.wb.
Sobat penulis muda indonesia, pagi ini saya akan menulis singkat mengenai makna variabel penelitian. Beberapa mahasiswa saya mengalami kebingungan yang cukup lama dalam menentukan analisis karena tak memahami karakter variabel penelitian mereka.
Uppss... kelamaan prolog, kita mulai ya...

Variabel merupakan gejala yang menjadi fokus peneliti untuk diamati. Variabel merupakan suatu besaran yang mempunyai suatu variasi nilai dua atau lebih yang dapat diukur, diamati, atau dihitung. Hasil pengukuran suatu variabel dinyatakan dengan data.

Ada dua jenis vaiabel, yaitu variabel independen dan variabel dependen.

(A) Variabel Independen
Variabel independen atau variabel bebas merupakan variabel yang menjadi penyebab timbulnya atau berubahnya variabel dependen. Variabel ini merupakan variabel yang mempengaruhi.

(B) Variabel Dependen
Variabel dependen merupakan variabel respon atau konsekuen. Variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi oleh adanya variabel independen. Variabel dependen yang diteliti pada penelitian ini adalah penguasaan kompetensi siswa yang berbentuk aspek kognitif mahasiswa. Aspek kognitif ini dipilih karena aspek yang paling dekat dengan kemampuan logika matematika seseorang.

Hmmm.. rasanya masih ada lagi yang harus saya tambahkan...
Kiranya saya lanjutkan lagi dengan contaohnya dilain waktu.
Terima kasih. Wassalamu'alaikum wr.wb.

No comments:

Artikel Lainnya

Link menarik milik Sahabat
----[ PEACE INDONESIA ]----

Ardhi.Net : Guru Ganteng : Kifni : Kang Abeh : Seputar Obat : Scriptcenter: Sikumb@ng : Asuindo : sampara.com : Hamidz Botanix : Hotfreez.com : Pak Guru Fisika : Guru Online

Masih dalam pengumpulan Sahabat. Untuk yang berkeinginan untuk link exchange, silahkan tinggalkan komentar atau pesan di shoutbox. Saya akan pasang link yang betul-betul bermanfaat dan tak berharap dollar. Terima kasih.