Jelang UASBN SD 2010

Assalamu'alaikum. Sobat, guruku, dan anak-anak yang berbahagia. Setahun telah berlalu dan ternyata kini kita harus kembali disibukkan dengan berbagai persiapan pelaksanaan ujian akhir. Di tengah polemik jadi atau tidaknya pelaksanaan ujian akhir (UN), kita mesti berbenah terhadap apa yang akan segera kita temui. Ya... mau tak mau pemerintah tetap mewajibkan pelaksanaan UN termasuk UASBN SD di tahun 2010. Jujur saja, saya termasuk orang yang lebih memilih untuk tetap diadakan UN, mengapa? Begini ceritanya, syahdan, di benua eropa sana, di negara Finlandia yang merupakan rangking terwahid untuk kualitas pendidikan di dunia, tidak ada UN. Semua diserahkan kepada sekolah. Namun, itu di Finland. Harus mau mengakui bahwa sesungguhnya pendidikan kita sungguh belum sanggup untuk melaksanakan evaluasi diri dengan matang. Data administrasi sekolah kacau dan fasilitas sekolah yang amburadul cukup menjadi bukti belum mampunya sekolah melaksanakan ujian mandiri macam perguruan tinggi. Ketika kita memaksa diri untuk menengok sebentar saja kompetensi guru di sekolah, katakanlah, tak lebih dari 40% dari seluruh guru disekolah yang kompeten pada materi yang diajarkannya. Ayuhlah, akui saja itu.

Namun, kita haru syukuri, setidaknya beberapa putra-putri kita mampu berprestasi di ajang international macam IMSO dan sejenisnya. Ok sip, kawan, menjelang UASBN SD di sekolah, saya sajikan beberapa dokumen yang barangkali bermakna untuk kawan.

Prosedur Operasi Standar dan SKL UASBN SD 2010, Permen no. 74 tahun 2009

Mestinya masih ada contoh file ujian dengan indikator yang mendekati, namun filenya 11MB, sedih juga tak bisa berbagi disini. Saya coba upload nanti ya.

Sukses.

No comments:

Artikel Lainnya

Link menarik milik Sahabat
----[ PEACE INDONESIA ]----

Ardhi.Net : Guru Ganteng : Kifni : Kang Abeh : Seputar Obat : Scriptcenter: Sikumb@ng : Asuindo : sampara.com : Hamidz Botanix : Hotfreez.com : Pak Guru Fisika : Guru Online

Masih dalam pengumpulan Sahabat. Untuk yang berkeinginan untuk link exchange, silahkan tinggalkan komentar atau pesan di shoutbox. Saya akan pasang link yang betul-betul bermanfaat dan tak berharap dollar. Terima kasih.