Tambahan Prinsip Kerja PTK

Assalamu'alaikum. Membahas penelitian tindakan kelas memang tak ada habisnya. Proses PTK memang selalu menarik untuk didiskusikan. entah mengapa, pemahaman prinsip PTK secara umum memang beragam. Hasil diskusi kami dengan kawan dan pakar di DBE3 ternyata cukup bagus untuk disimpan dan diaplikasikan. Sedikit catatan yang saya coba tulis adalah sebagai berikut.


Prinsip Dasar Penelitian Tindakan Kelas (PTK):
  1. Untuk mengetahui kemampuan orang bersepeda, cukup berikan saja sepeda bukan? Apakah perlu ditanya tentang: apakah anda bisa memegang setang? Apakah anda bisa mengayuh pedal? Apakah anda bisa duduk di pedal?
  2. Mengukur kemampuan seseorang berarti harus meletakkan bantuan yang dilakukan pada saat melakukan pengetesan atau pelaksanaan pengambilan data. Contoh kasus: jika akan mengukur kemampuan anak mengendarai sepeda, bukankah kita harus melepaskan roda samping yang merupakan bantuan kepada anak.
  3. Melaksanakan PTK, seorang peneliti harus meletakkan prasangka mengenai keberhasilan suatu model atau media yang digunakan dapat mencapai keberhasilan yang akan dcapai. Contoh kasus: Meningkatkan pemahaman konsep dengan model pembelajaran PBL. Pada PTK, seharusnya adalah bukan meyakini bahwa dengan PBL maka pemahaman konsep meningkat, akan tetapi PBL yang bagaimana yang akan dapat meningkatkan pemahaman konsep.

3 comments:

akhatam said...

Wah artikel menarik sobat...keep blogging..

ngatmow said...

pak dhe aku ana link nggo menyediakan sarana pendaftaran blog manual langsung by sing ndwe blog....
contone neng www.blogger-mbanjar.co.cc
alamate iki....http://firmankasim.co.cc/linkbox

Ardhi Prabowo said...

oke... tak jajale...

Artikel Lainnya

Link menarik milik Sahabat
----[ PEACE INDONESIA ]----

Ardhi.Net : Guru Ganteng : Kifni : Kang Abeh : Seputar Obat : Scriptcenter: Sikumb@ng : Asuindo : sampara.com : Hamidz Botanix : Hotfreez.com : Pak Guru Fisika : Guru Online

Masih dalam pengumpulan Sahabat. Untuk yang berkeinginan untuk link exchange, silahkan tinggalkan komentar atau pesan di shoutbox. Saya akan pasang link yang betul-betul bermanfaat dan tak berharap dollar. Terima kasih.