Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Ada banyak versi bentuk mengenai RPP yang baik. Dalam peraturan menteri bahkan tidak dijelaskan secara detil mengenai konstruk dari sebuah RPP yang baik. Namun, jelas bahwa sebuah RPP harus dapat menunjukkan proses yang sedang berlangsung. Beberapa versi mewajibkan untuk menuliskan kegiatan guru dan kegiatan murid. Namun, tampaknya dengan deskripsi yang baik, kita dapat menunjukkan kegiatan guru dan murid dalam satu deskripsi.

Mari kita lihat contoh satu stage dalam RPP berikut:
---
Guru menjelaskan materi luas daerah persegi panjang secara singkat.
---
Salah satu stage dalam RPP itu saya temukan dalam pelatihan Guru Profesi di Jawa Tengah. Jelas, langkah tersebut bukan contoh yang bagus. Ada beberapa pertanyaan yang muncul dalam langkah tersebut, yaitu:
  1. pada kata 'secara singkat', berarti ada cara yang tidak singkat? Menurut Bapak/Ibu, jika siswa dibelajarkan secara singkat dan secara tidak singkat, manakah yang akan lebih memahamkan siswa?  
  2. bagaimana proses menjelaskan 'secara singkat' ?
  3. Pada langkah tersebut, apa yang dilakukan guru? apa yang dilakukan murid? semuanya TIDAK JELAS.
  4. Apa tujuan dari langkah tersebut?
Mari kita bandingkan dengan satu stage dalam RPP berikut ini:
---
Guru memahamkan peserta didik mengenai 'Sifat-sifat Kubus' dengan tanya jawab dan tugas sebagai berikut:
  • Sekarang perhatikan model kerangka kubus kalian!
  • Tunjukkan, manakah yang disebut dengan titik sudut?
  • Bagus, ada berapakah titik sudut pada kubus tersebut?
  • Jadi, sekarang kita dapat menuliskan, 'Sebuah kubus memiliki 8 titik sudut.'
  • Tuliskan pernyataan tersebut pada sudut kiri atas kertas kerja Kalian. Kita sebut pernyataan itu sebagai salah satu SIFAT KUBUS.
  • Sekarang, dengan memperhatikan objek geometri yang lain, seperti Rusuk, Sisi, dan Sudut, tulislah SIFAT KUBUS yang lain di sebelah kiri atas kertas kerja kalian.
---
Pada cuplikan RPP di atas, tampak sekali proses yang dilakukan pada pembelajaran. Contoh, ketika guru mengatakan, "Sekarang perhatikan model kerangka kubus kalian!", apa yang dilakukan siswa kemudian sangat jelas, yaitu 'melihat ke kerangka kubus yang sudah diterima siswa'. Pun, ketika guru mengatakan, "Bagus, ada berapakah titik sudut pada kubus tersebut?", sangat jelas pula kegiatan siswa berikutnya adalah mulai membilang seluruh titik sudut pada model kerangka kubus itu. Dan ketika ditanya, APA TUJUAN STAGE RPP ITU? Secara eksplisit tampak bahwa Guru akan meng-establish-kan apakah yang dimaksud dengan sifat kubus. Dan tampak bahwa Guru tidak hanya MENGINFORMASIKAN dan  sudah MEMAHAMKAN kepada siswa mengenai sifat kubus.

Berikut ini saya sampaikan contoh Lesson Plan yang saya susun ketika mengikuti pelatihan CLIL (Content and Language Integrated Learning) di I/A/L/F Bali beberapa waktu yang lalu. Mohon lengkapi dan perbaiki Lesson Plan tersebut untuk kemudian kirimkan kembali ke ardhiprabowo[a]gmail.com agar dapat dimanfaatkan oleh banyak orang.


6 comments:

Outbound Training Malang said...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

koleksi dokumentasi said...

wah komplet artikelnya yah...

ditunggu kunjungan baliknya koleksi dokumentasi

Marianus said...

Ini paling disenangi guru-guru neh....

jus manggis murah said...

wah makasih nih buat informasinya

Sri Murtini said...

menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

ST3 Telkom

Sri Murtini said...

menarik sekali,, terimakasih atas informasinya.. sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentunya.. thanks for sharing . nice post

ST3 Telkom

Artikel Lainnya

Link menarik milik Sahabat
----[ PEACE INDONESIA ]----

Ardhi.Net : Guru Ganteng : Kifni : Kang Abeh : Seputar Obat : Scriptcenter: Sikumb@ng : Asuindo : sampara.com : Hamidz Botanix : Hotfreez.com : Pak Guru Fisika : Guru Online

Masih dalam pengumpulan Sahabat. Untuk yang berkeinginan untuk link exchange, silahkan tinggalkan komentar atau pesan di shoutbox. Saya akan pasang link yang betul-betul bermanfaat dan tak berharap dollar. Terima kasih.